BAGAIMANA MENGHADAPI PASIEN

BAGAIMANA  SEHARUSNYA

PERAWAT MENGHADAPI PASIEN

oleh : Wahyudi Hermawan

Ketika kita ingin mengenal lebih jauh bagaimanakah cara menghadapi pasien, maka sudah seharusnya kita mengenal karakter atau paling tidak definisi dari kata pasien itu sendiri.   Dalam pembahasan ini saya tidak ingin membuat anda terlalu banyak  berputar dalam masalah definisi karena itu terlalu rumit bagi saya. Untuk itu izinkanlah saya mendefinisikan kata pasien ini ke dalam arti yang sangat sederhana. Pasien adalah orang  setiap hari anda temukan dalam kehidupan dan pekerjaan anda, yang menganggap dirinya sakit dan meminta bantuan dan pertolongan kepada anda sebagai seorang perawat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jadi jelas bahwa lebih sederhananya lagi pasien adalah orang yang menganggap dirinya sakit dan membutuhkan pertolongan, meskipun menurut anda dia sehat dan tidak membutuhkan pertolongan. Sakit bukanlah berarti hanya  dapat ditunjukan dalam kelemahan dan keterbatasan  fisik saja, tetapi lebih dari itu sakit mengandung arti yang lebih luas dimana seseorang menjadi merasa tidak berdaya sehingga dia membutuhkan orang lain untuk membantu dirinya, berada disampingnya memperhatikan dirinya dan membuat dirinya lebih tenang dalam menghadapi penyakitnya dan dalam upaya mengembalikan kondisi dirinya seperti sedia kala.

Sudah cukup kita mengenal pasien dengan masalahnya lalu bagaimanakah cara kita sebagai seorang perawat untuk menghadapinya, mengetahui keinginannya dan membantunya untuk mengembalikan kondisi dirinya  seperti sedia kala.  Banyak sekali teori yang berbicara bagaimana cara menghadap manusia, mengerti manusia dan memberikan pelayanan paripurna yang akan memberikan kepuasan pada seorang manusia.  Dan ingat pasien kita adalah manusia sehingga kita harus mengenal sifat dan kebutuhannya sebagai seorang manusia.  Ketika anda ingin mengenal sifat dan kebutuhan seorang manusia  ketika sakit dan membutuhkan pertolongan, maka tanyakanlah kepada diri anda apakah yang anda butuhkan ketika sakit dan membutuhkan bantuan orang lain di sisi anda. Itu karena anda adalah manusia, dan saya yakin andapun pernah sakit dan pernah membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah anda.

Apakah ketika anda sakit anda akan mencari…

  1. Seorang perawat yang judes…atau sering menampakan raut wajah atau muka yang masam
  2. Seorang perawat yang lambat dan bingung apa yang harus dilakukannya ketika berhadapan dengan anda…
  3. Seorang perawat yang ketika ditanya  tentang penyakit yang anda rasakan tampak kebingungan untuk menjawab apa atau hanya menjawab ibu nanti akan saya sampaikan kepada dokter…
  4. Seorang perawat yang ketika  anda kesakitan hanya bisa mengatakan ibu/bapak sabar ya…saya sudah menghubungi dokter sebentar lagi dokter datang kok…
  5. Seorang perawat yang bingung dan tidak punya solusi  ketika anda kebingungan bagaimana harus membayar obat yang begitu mahal dan anda tidak mempunyai uang lagi.
  6. Seorang perawat yang dengan entengnya membangunkan anda dari tidur anda karena dokter akan memeriksanya  padahal tadi malam anda tidak tidur sekejappun karena  menahan rasa sakit dan rasa gelisah yang anda rasakan.
  7. Seorang perawat yang datang dan pergi ke dan dari kamar anda seperti robot, miskin senyum dan hampa kata, padahal anda ingin sekali berbagi cerita untuk meringankan beban anda.

Ketika anda menginginkan tujuh kriteria perawat di atas saja, sebenarnya  anda sudah dapat masuk guines book of record  sebagai manusia yang memiliki keinginan paling  langka di dunia. dan saya yakin anda tidak menginginkan perawat yang seperti itu.

Sebenarnya masih banyak yang tidak ingin anda lihat atau temui dari seorang perawat ketika anda menjadi pasien, dan saya yakin ketika anda mau dengan tenang menulisnya  mungkin satu  bukupun tidak akan cukup untuk  menampung tulisan keinginan anda itu.

Baiklah sekarang sudah jelas caranya bagaimana caranya seorang perawat menjadi pasien, tanyakanlah kepada diri anda apa yang anda inginkan ketika menjadi seorang pasien dari seorang perawat.

Sekedar mengingatkan lagi….apa yang anda inginkan.

  1. Anda menginginkan seorang perawat yang peduli kepada anda, mau mendengarkan keluhan anda dan mau berempati atas apa yang anda rasakan  ketika anda merasa tidak berdaya, anda ingin perawat itu selalu ada ketika anda membutuhkannya. Anda akan mencari seorang perawat yang berjiwa  Care Giver.
  2. Anda menginginkan seorang perawat yang mampu menjawab segala pertanyaan atas keresahan dan kegundahan anda ketika anda bertanya kepadanya, atau setidaknya perawat tersebut mampu memberikan alternatif solusi atas kebingungan anda. Anda akan mencari seorang perawat yang berjiwa Consellor
  3. Anda menginginkan seorang perawat yang selalu menyemangati anda, membuat anda memahami  dan mengenal masalah anda, membuat anda menyadari bahwa anda bukanlah satu-satunya orang yang paling menderita di dunia ini,  membuat anda mengerti apa yang seharusnya anda lakukan dalam menghadapi  penyakit yang anda derita dengan bahasa kasih sayang. Anda akan mencari seorang perawat yang berjiwa Educator.
  4. Anda akan menginginkan seorang perawat yang mampu membantu anda dan memfasilitasi anda untuk berbicara dengan dokter, dengan ahli gizi, dan lain-lain  tentang  masalah-masalah anda yang tidak mampu bisa dijawabnya dengan leluasa karena bukan kewenangan dirinya. Anda akan mencari seorang perawat yang berjiwa Colaburator.
  5. Anda juga akan menginginkan seorang perawat yang  karena kesibukannya dia tidak pernah menterlantarkan anda, dia mampu mendelegasikan  tugasnya kepada orang lain dengan cara yang baik sehingga sesibuk apapun dia , anda tidak pernah merasa dibiarkan begitu saja sebagai pasien yang harus dirawatnya. Anda akan mencari seorang perawat yang berjiwa  pemimpin Coordinator.
  6. Anda akan mencari seorang perawat yang kreatif dan mampu memberikan sesuatu yaang terbaik bagi diri anda sehingga anda  merasakan sesuatu yang lebih baik dengan apa yang anda rasakan. Anda akan mencari seorang perawat yang berjiwa peneliti dan inovatif, Researcher.
  7. Anda akan mencari perawat yang mampu membuat anda merasa aman dan tenang, yang mampu membuat anda merasa dilindungi atas hak-hak anda sebagai seorang pasien, karena anda tahu bahwa dialah yang paling banyak mengenal dan mengetahui bagaimana kondisi diri anda  karena nyaris selalu bersama anda selama 24 jam. Dia akan mencari perawat yang berjiwa Advocate.

Inilah sebenarnya cara terbaik dan termudah bagi seorang perawat untuk mengetahui bagaimana caranya menghadapi pasien, sederhana, dan akan begitu mudahnya apabila semuanya kita lakukan dengan hati yang ikhlas dan menyadari sepenuh hati,  bahwa ketika kita mengucap sumpah sebagai seorang perawat maka saat itu pula kita telah memaklumatkan diri kita  secar resmi bahwa kita telah bersedia menjadi seorang pelayan terbaik bagi pasien kita, raja kita ketika kita menghadapinya, orang yang harus kita fahami bukan orang yang kita paksa untuk memahami kita sementara  kita tahu bahwa mereka adalah orang yang sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: