IKHLAS DALAM PIKIRANKU

Oleh : Wahyudi Hermawan
Keihklasan adalah hal yang mampu menunjukan keimanan seorang muslim dalam menerima setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ini dengan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT.

Inilah yang sering merusak kebahagian kita, ketika kita tidak menyadari betapa setiap detik waktu kehidupan yang kita lewati semuanya tidak pernah lepas dari ketentuan yang telah Allah tetapkan bagi manusia. Keterbatasan manusia dalam memandang hidupnya sering membuat dia salah mempersepsikan arah langkas kehidupan yang seharusnya dia lewati.

Ilustrasinya lihatlah hubungan seorang anak kecil dengan nyala api.

Kita tahu bahwa api itu sangat panas, tetapi keterbatasan ilmu dan pengalaman hidup seorang anak kecil mungkin akan membuatnya tidak tahu apakah api itu panas dan apakah panas itu.

Ketetapan Allah adalah ketika manusia memegang api maka tangan manusia akan merasakan panas dan sakit, keterbatasan anak kecil adalah ketika dia tidak mengetahui bahwa api itu panas dan kemudian dia memegangnya dan merasakan panas. Keikhlasan anak kecil adalah ketika dia menyadari kesalahannya bahwa ketika dia merasakan panas saat memegang api karena ketidaktahuannya tentang hidup, tidak pernah memarahi siapapun apalagi Allah yang telah membuat ketetapan bagi hidupnya. Dia sadar bahwa api yang dipegangnya itu adalah bahasa Allah untuk medewasakan dia melalui ketetapan-Nya bahwa api itu panas sehingga dia tidak boleh dan jangan pernah sekali-kali memegang api itu dengan tangan telanjang.

Kita tidak ubahnya seperti anak kecil tadi, tetapi bedanya kita sering tidak ikhlas dengan berburuk sangka kepada Allah SWT. Padahal setiap waktu Allah dekat dengan kita dan selalu mendewasakan kita dengan segala ketetapannya yang tidak pernah kita sadari…..

Itulah manusia, terbatas, lalai, pelupa dan sering tidak pernah merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan dirinya.

Ketika kita berpikir bahwa jalan yang kita tempuh benar, belum tentu menurut Allah itu adalah benar….tetapi kita sering merasa paling benar, arogan dan tidak menyadari bahwa ilmu Allah itu maha luas. Manusia hanya memiliki setitik ilmu saja yang tidak lebih banyak dari air yang menetes dari celupan jari di lautan luas.

Satu hal yang akan membuat kita merasa bahwa Allah selalu dekat dengan kita, krtika kita memiliki sebuah ilmu yang sederhana dalam memandang hidup…..dialah ilmu ikhlas….ikhlas bahwa kita diciptakan hanya oleh Allah SWT, Ikhlas bahwa kita hidup hanya untuk beribadah kepada Allah, Ikhlas bahwa kita akan kembali hanya kepada Allah.

Tetapi kita terkadang membuat hidup kita menjadi rumit dan tambah rumit karena kita sering lupa siapa yang menciptakan kita,…untuk apa kita hidup…..dan kemana kita akan kembali…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: